Sunday, 25 May 2014

// // Leave a Comment

Proses Kehamilan dari Minggu ke Minggu

Kehamilan dalam suatu pernikahan merupakan salah satu momen yang ditunggu-tunggu. Terutama untuk momen kehamilan anak pertama. Seorang wanita akan dikatakan sedang menjalani sebuah proses kehamilan ketika wanita tersebut mengalami terlambat datang bulan selama beberapa rentang waktu tertentu. Dalam hal ini, seorang wanita juga dapat memeriksa setidaknya 7 hari setelah melakukan hubungan intim dengan pasangan. Dari rentang waktu tersebut akan nampak hasil apakah proses kehamilan sedang terjadi pada tubuhnya. Tentu saja pengecekan ini harus dilakukan dengan bantuan alat tes maupun tes laboratorium. Untuk mengetahui proses kehamilan, umumnya wanita menggunakan test pack urine.

Pengecekan proses kehamilan bisa dilakukan sendiri, namun tak jarang pula ada wanita yang ingin lebih memastikan persoalan kehamilannya pada dokter ataupun bidan. Dalam hal ini, dokter ataupun bidan akan memberikan pengetahuan lebih tentang proses kehamilan yang terjadi pada seorang wanita. Pengetahuan ini ditujukan bagi ibu, terutama bagi ibu yang mengalami pengalaman kehamilan anak pertama. Pengetahuan tentang proses kehamilan ini ditujukan untuk mempersiapkan mental ibu akan perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuhnya karena kehamilan. Sewajarnya, tubuh ibu akan mengalami perubahan seiring dengan bertambah usia kehamilan.
Perubahan ke arah positif proses kehamilan ditandai dengan meningkatnya berat janin, ada detak jantung janin dan disertai dengan keaktifan gerak janin. Hal ini baru bisa dirasakan ibu pada trimester kedua proses kehamilan terjadi. Namun untuk perkembangan janin pada trimester pertama merupakan suatu proses kehamilan yang tak kalah pentingnya juga. Oleh karena itulah, pada saat kehamilan menjelang ada baiknya Anda harus secara rutin memeriksakan kandungan ke bidan ataupun dokter. Hal ini digunakan agar kesehatan janin tetap terkontrol.
Pada trimester awal kehamilan, janin akan mengalami pertumbuhan yang pesat ditandai dengan pembelahan sel yang cepat dalam pembentukan organ vital. Pertumbuhan sel yang cepat dalam proses kehamilan ini berfungsi untuk membentuk calon organ yang nantinya akan dimatangkan pada trimester kedua. Nutrisi, istirahat cukup, manajemen stress, dan kontrol kesehatan teratur harus dijalani si ibu untuk kesempurnaan masa ini. Oleh karena itulah, proses kehamilan minggu-minggu tidak boleh mengalami satu gangguan pun. Sedikit saja gangguan pada proses kehamilan awal akan berakibat fatal yakni kecacatan atau kelainan fungsi pada organ-organ tersebut.
Untuk minggu-minggu berikutnya, proses kehamilan ditandai dengan semakin membesarnya janin yang artinya semakin mengisi perut ibu. Dalam masa ini akan timbul pengurangan kecemasan ibu. Namun dalam proses kehamilan ini ibu harus menyesuaikan diri akibat volume tubuh yang bertambah. Perkembangan janin dikatakan akan siap untuk lahir ke dunia pada usia kehamilan 9 bulan 10 hari atau maksimal masuk minggu ke-40. Pada waktu ini, proses kehamilan dapat dikatakan selesai karena organ-organ dalam tubuh calon bayi telah siap menyokong kehidupannya. Sehingga sang bayi telah siap dilahirkan ke dunia.
Description: Proses kehamilan merupakan suatu hal yang ditunggu oleh keluarga di tiap minggu-minggu perkembangannya terutama jika kehamilan tersebut merupakan yang kali pertama.


0 comments:

Post a Comment